Pengurus Kagama Jateng Pengurus Kagama Jateng

Munas Kagama XII

 Munas Kagama Kendari

Munas Kagama ke-12 diselenggarakan di Hotel Grand Clarion Jl. Edi Sabara No 89 Kendari Sultra (Sulawesi Tenggara), 6-9/11/14 kemarin. Acara Musyawarah Nasional Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada tersebut dihadiri oleh Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Seperti diketahui, Jokowi adalah alumni UGM dan merupakan anggota Kagama. Sementara, alumni UGM yang masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno (mantan Rektor UGM), Menteri Luar Negeri Retno Lestari P Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Munas Kagama ke XII mengambil tema Revitalisasi Negara Maritim yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian. Munas yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Sunjoto, Dip.HE.DEA tersebut dihadiri kurang lebih 1000 orang peserta. Peserta terdiri dari para perwakilan pengurus Kagama pusat dan daerah seluruh Indonesia serta tamu undangan. Jawa Tengah mengirimkan peserta Munas sebanyak 65 orang yang terdiri dari Pengurus Daerah Kagama Jawa Tengah dan Pengurus Cabang Kabupaten se-Jateng. Turut menghadiri, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan Sri Puryono Setda Jateng.

Dalam sambutannya Jokowi merasa bangga sebagai alumni Kagama dapat membesarkan nama almamater karena terpilih sebagai presiden pilihan rakyat sekaligus presiden pertama yang berasal dari UGM. Pada kesempatan tersebut, Presiden membahas tentang isu-isu strategis diantaranya adalah cita-cita besar pembangunan tol laut dan menjadikan potensi laut Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sebenarnya sudah banyak negara yang ingin mengajak kerja sama di antaranya USA, Rusia, Jepang, dan Tiongkok. Jokowi juga menyampaikan tentang subsidi BBM. Bahwa pemerintaha-nya bertekad akan melakukan pengelolaan sumber-sumber keuangan negara secara efisien untuk kepentingan rakyat banyak. Oleh karena itu, subsidi BBM akan dialihkan ke sektor yang lebih produktif antara lain infrastruktur, kesehatan, pertanian, kelautan dan perikanan. Itulah alasan pemerintah menaikkan BBM subsidi.

 Munas Kagama Kendari

Jokowi juga meminta dukungan Kagama dalam menjalankan tugas-nya sebagai Presiden dan pemimpin negara. Diharapkan agar Kagama dan para alumni perguruan tinggi lainnya untuk bersama-sama menjaga kesatuan dalam bekerja membangun bangsa dan negara Indonesia. Kagama dituntut untuk berjuang ditengah rakyat dengan mendayagunakan segala kemampuannya untuk menggali potensi terutama dalam rangka membangun bidang kemaritiman yang tangguh, mandiri, dan berdaulat.

Berdasarkan kesepakatan ke-4 calon Ketua Umum yang terdiri dari Sri Sultan HB X, Ganjar Pranowo, Budi Karya Sumadi, dan Usman Rianse mufakat memilih Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng) sebagai Ketua Umum Kagama, Budi Karya (Dirut Jakpro) sebagai Ketua Harian, Usman Rianse (Rektor Universitas Haluoleo, Kendari) sebagai salah satu wakil ketua, serta Sri Sultan Hamangkubuwono X sebagai Dewan Pertimbangan Kagama periode 2014-2019.

Munas juga mengagendakan untuk mengawal visi misi Pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini merupakan panggilan hati nurani dan tanggung jawab moral karena Presiden adalah alumni Kagama. Oleh karena itu, para pengurus pusat dan daerah diharapkan bahu-membahu untuk bisa membantu Presiden menjalankan roda pemerintahannya terumata mengembalikan kejayaan laut sebagai poros maritim dunia.

No comments:

Situs KAGAMA JATENG dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi dan/ kegiatan yang bermanfaat. Bagi yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman dapat mengirimkan artikel atau tulisan ke form "KIRIM URL ARTIKEL" dengan menyertakan nama penulis.